Cara Membersihkan Gigi Bayi yang Kuning

Cara Membersihkan Gigi – Meski baru lahir ke dunia atau bahkan bisa dikatakan masih dalam usia muda, tidak menutup kemungkinan jika gigi bayi bisa enjadi kuning. Kadang munculnya gigi kuning ini bisa merupakan salah satu faktor dari susu yang bayi tersebut konsumsi.

Jadi bukan karena konsumsi dari permen atau makanan seperti yang dimakan oleh orang dewasa, masalahnya ini adalh bayi, tapi tidak menutup kemungkinan juga jika bayi itu memasukan sesuatu yang lain ke dalam mulutnya.

Cara Membersihkan Gigi Bayi yang Kuning

Berikut beberapa cara membersihkan gigi bayi yang berwarna kekuningan dengan aman dan tentunya sangat mudah untuk dicoba.

1. Menggosok Gigi

Meski masih muda dan bisa dikatakan memang baru pertama kali mengenal dunia, bayi ketika berusia baru satu atau dibawah satu tahun juga harus dikenalkan dengan yang namanya sikat gigi. Dari apa dan bagaimana funsinya lalu cara memakai dan menyimpan peralatan menyikat gigi itu sendiri.

Mulai dari sikat gigi, pasta gigi, wadah yang baru akan ia kenakan untuk tadah air dan langkah-langkah menyikat gigi itu sendiri. Tentu akan dipastikan anak akan merasa senang melakukannya sebab dapat merawat bagian tubuhnya sendiri secara mandiri. Dengan demikian selain melatih motorik halus pada anak, si anak juga akan merasa bahwa dirinya bisa melakukan hal yang bagi kita para orang dewasa bahwa kegiatan itu terbilang sederhana.

2. Menggunakan pasta gigi

Untuk membersihkan gigi yang berwarna kekuninga, sebenarnya tidak hanya pada orang dewasa saja. Pada anak-anak bahkan yang masih berusia bayi juga perlu menggunakan pasta gigi dalam membersihkan giginya. Namun, pasta gigi yang digunakan oleh anak-anak bukanlah pasta gigi yang terasa pedas mint seperti pasta gigi yang digunakan oleh para orang dewasa.

Namun biasanya mereka menggunakan pasta gigi yang rasa buah-buahan seperti strawberry atau anggur. Untuk warna sendiri juga disesuaikan seperti rasa buahnya dan kemasannya dibuat semenarik mungkin agar anak mau serta tambah rajin dalam merawat gigi.

3. Menggosok gigi anak dengan menggunakan air hangat

Alternatif lain selain menggosok gigi pada si kecil, kamu jga dapat menggosok gigi si kecil dengan menggunakan kain bersih yang sudah dibasahi oleh air hangat. Selain untuk membersihkan gigi, kain yang kamu tempelkan pada telunjukmu ini juga dapat digunakan untuk membersihkan lidah si kecil yang berwarna keputihan akibat dari seringnya minum air susu. Oya kawan-kawan, sebenarnya tidak menggunakan air hangat pun tidak masalah asalkan air yang kamu gunakan untuk si kecil adalah air minum yang sudah matang ya. Gunakan cara ini secara berkala hingga mendapat hasil yang memuaskan dan gigi si kecil tidak kuning lagi.

4. Berikan pasta gigi berflouride

Poin keempat ini hampir sama dengan artikel yang membahas jika masalah pada gigi berlubang atau karang pada gigi atau cara mencegahnya pun dengan menggunakan pasta gigi berflouride ini. Kandungannya dapat kembali memutihkan gigi yang sempat berubah warna menjadi kuning semacam gigi pada bayi ini.

5. Konsultasi ke dokter gigi

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi gigi kuning pada si kecil, kamu bisa berkunjung ke dokter gigi, yakni dengan cara berkonsultasi mengenai gigi yang seperti itu. Karena jika kamu merupakan seorang ibu muda yang baru saja melahirkan si bayi, kamu belum cukup tahu banyak segala hal tentang bayi maka kamu sangat dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter gigi atas masalah yang menimpa gigi anakmu.

6. Menjaga pola asupan makanan

Karena bayi merupakan seorang anak yang kelak akan menjadi manusia dewasa dan merupakan baru lahir ke dunia, maka jangan heran jika segalanya masih sensitif termasuk tentang gigi. Kamu juga harus menjaga pola makan bayimu agar ia tidak makan sembarangan semacam kelebihan makanan manis.

Selain tidak baik bagi kesehatan tubuh, makanan manis ini juga menghambat pertumbuhan gigi bayimu. Nanti jadinya ia terlambat tumbuh gigi atau ompong lebih dini meski pada dasarnya gigi si kecil tetap bisa tumbuh seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Cara Mengobati Penyakit Tipes Dengan Bahan-Bahan Alami

7. Hindari makanan yang terlalu keras

Karena gigi bayi masih sangat mudah lepas, hindari dari gigitan makanan yang sangat keras semacam ayam kampung. Jika tidak demikian, selain sakit yang dirasa pada gigi tentu akan membuat pertumbuhan giginya berubah.

Nah! Itulah tujuh cara di antara mengatasi gigi berwarna kuning pada gigi si bayi. Jika kamu memiliki cara lain yang bisa dikatakan lebih aman, kamu bisa mencobanya yaa. Karena seorang anak kecil merupakan anak yang masih gampang diubah-ubah, maka tidak sulit juga jika kamu tidak menemukan solusi selain poin-poin di atas, tetaplah berusaha dan mencoba poin-poin di atas. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sedang galau dengan masalah gigi pada bayi kecilmu yaa.

Leave a Comment