Cara Mengobati Penyakit TBC

TBC atau disebut juga tuberkulosis. Merupakan penyakit yang menyerang pada bagian paru-paru. Penyakit ini timbul karena adanya infeksi yang terjadi diakibatkan oleh bakteri atau kuman. Gejala yang paling bisa dilihat adalah batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh dan terkadang mengeluarkan darah. Selain itu kuman yang menjadi ppenyebab TBS ini tidak hanya menyerang ke paru-paru saja, melainkan bisa juga menyerang ke usus, tulang dan juga kelenjar.

Penularan dari penyakit ini biasanya melalui cairan yang dikeluarkan oleh orang yang terjangkit melalui batuk atau bersin. Gejala yang ditimbulkan juga tidak hanya batuk yang sukar disembuhkan melainkan ada gejala lain yang bisa menjadikan orang tersebut terkena TBC. Gejala-gejala yang timbul selain batuk adalah demam, lemas, turunnya berat badan, nafsu makan kurang, dada terasa nyeri, dan keluar keringat pada saat tidur malam hari.

Gejala yang muncul apabila bakteri TBC ini menyerang selain paru-paru dan tergantung menyerang bagian tubuh mana, pembengkakan pada kelenjar getah bening menyerang pada bagian kelenjar, buang air kecil mengeluarkan darah menyerang pada bagian ginjal, nyeri yang dirasakan di punggung menyerang bagian tulang belakang, sakit perut menyerang bagian usus, dan sakit kepala apabila bakteri TBS menyerang bagian otak.

Penyebab Penyakit TBC

Penyebab utama dari tertularnya penyakit TBC adalah dari bersin atau cairan batuk yang terkena ke orang lain, tetapi ada beberapa keadaan yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit TBS ini. Beberapa keadaan yang bisa menjadi factor penyebab penyakit TBC antara lain.

  1. Seseorang yang tinggal dilingkungan kumuh, biasanya bagi orang yang sering berinteraksi dengan sampah
  2. Ahli medis yang sering berhubungan dengan pasien yang terkena TBC
  3. Lasia dan juga anak-anak
  4. Pengguna narkoba
  5. Perokok
  6. Menderita penyakit ginjal
  7. Orang yang memiliki kelainan kekebalan tubuh sehingga mudah untuk terserang TBC

Diagnosis awal untuk orang yang terserang TBC, biasanya mempunyai gejala gejala yang secara umum diketahui adalah batuk yang tidak sembu-sembuh lebih dari 3 minggu dan terkadang juga batuk disertai darah. Salain itu ada beberapa diagnosis kalau seseorang tersebut sudah terkena TBC mulai dari sesak nafas dan bisa dilihat apabila tidur terdengar suara/mengorok.

Untuk jenis penyembuhan dari TBC ini bisa dilakukan dengan obat-obatan dari dokter ataupun dengan obat-obatan tradisioanal. Untuk obat yang diberikan oleh dokter biasanya obat yang mengandung isoniazid, rifampicin, pyrazinamide dan ethambutol, tetapi menggunakan obat akan mempunyai efek samping yang akan timbul diantaranya urine akan berwarna merah, efek dari alat KB seperti KB suntik dan KB susuk akan menurun, gangguan penglihatn, saraf dan mata.

Cara Mengobati Penyakit TBC

Apabila kita tidak menginginkan meminum obat dari dokter kita bisa memilih menggunakan bahan tradisional atau herbal yang ada disekitar kita untuk penyembuhan penyakit TBC ini. Cara mengobati penyakit TBC dengan bahan alami yang bisa untuk menyembuhkan penyakit TBC adalah.

Daun sirih merah

Cara membuatnya gunakan 7 lembar daun sirih merah rebus dengan air satu gelas sampai mendidih dan air menyusut diamkan sampai dingin minum sehari tiga kali tambahkan madu sedikit.

Sambiloto

Sambiloto terkenal karena rasanya yang sangat pahit, jadi untuk ramuannya kita gunakan 1 genggaman daun sambiloto kering, kita bisa mengeringkannya dibawah terik matahari atau membelinya di apotek tradisional atau apotek cina. Kemudian setelah menjadi bubuk gunakan madu untuk membentuk pil kecil yang bisa dimakan 15-20 butir perharinya dengan menggunakan air hangat untuk meminumnya

Bawang putih Ambil

2-3 siung bersihkan dari kulit arinya cuci bersih kemudian kunyah dan telan lakukan selama beberapa minggu. Baca juga: Cara Mengobati Sakit Pinggang.

Buah kelapa hijau

Buah kelapa hijau yang digunakan adalah buah kelapa yang memiliki serabut berwarna pink didalamnya, caranya potong bagian atas dan bawah kelapa kemudian panggang hingga air didalanya mendidih diamkan sampai dingin kemudian diminum airnya.

Buah pisang

Buah pisang memiliki kandungan antibacterial dan juga meringankan gejala peradangan yang bisa terjadi karena batuk yang terus menerus.

Buah jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi didalam buah jeruk bisa digunakan untuk menambah kekebalan tubuh atau sistem imunitas agar tidak mudah terserang penyakit

Daun mint

Penggunaan daun mint ini adalah untuk menghilangkan lendir di saluran pernafasan sehingga udaray yang masuk tidak terhalang oleh lendir.

Itulah beberapa tips yang mungkin berguna apabila kita secara tidak sengaja terserang penyakit TBC. Yang paling utama untuk pencegahan penyakit ini adalah menerapkan pola hidup sehat seperti sering berolahraga, makan makanan yang bernutrisi, dan juga menjauh dari hal-hal kotor atau kumuh karena bakteri lebih suka mengendap di daerah yang kotor untuk berkembang biak. Aturlah pola makan dan jauhi rokok agar tidak menjadi bertambah parah gejala dari penyakit TBC ini.

Leave a Comment