Cara Mengobati Penyakit Tipes

Cara Mengobati Penyakit Tipes – Tipes, tifus, atau dalam dunia kedokteran dikenal demam tifoid. Demam ini terjadi akibat dari tertularnya saluran cerna oleh bakteri salmonella typhi. Gejala yang ditimbulkan biasanya adalah demam tinggi disertai badan yang menggigil.

Penularannya adalah melalui makanan atau minuman yang sudah terserang bakteri salmonella typhi ini. Sebelum kita masuk ke pembahasan cara mengobati penykit tipes ada baknya kita mengetahui gejala dan cara penanganan saat gejala tipes ini muncul.

Tanda dan Gejala

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini baik pada orang dewasa atau anak adalah sama, jadi gejala yang timbul tidak ada bedanya. Beberapa gejala yang timbul akibat penyakit ini antara lain.

  1. Demam tinggi hingga bisa mencapai 40 derajat celcius, apabila pada anak tidak segera ditangani bisa menyebabkan kejang-kejang. Dan bagi penderita orang dewasa bisa sampai pingsan
  2. Perut terasa sakit dan juga diare
  3. Badan akan terasa lema, letih, lesu, ditambah badan akan terasa sakit hampir sama seperti apabila kita terkena demam biasa
  4. Pusing atau sakit kepala
  5. Nyeri pada bagian tenggorokan
  6. Pembesaran hati
  7. Adanya lapisan di permukaan lidah

Cara Mengobati Penyakit Tipes

Untuk cara mengobati penyakit tipes biasanya langsung dibawa kerumah sakit apabila sudah berada pada fase sampai kejang atau badan yang terlalu panas. Pengobatan dirumah sakit biasanya pemberian suntikan untuk menurunkan panas dan juga pemberian infus agar cairan pasien berada pada batas yang wajar dan tidak kehilangan banyak cairan.

Untuk penangan yang baru pad fase gejala bisa dilakukan dirumah dengan pemberian antibiotic yang bisa dibeli diapotek dan dengan banyak minum air putih untuk mencegah kekurangan cairan tubuh.pemberian antibiotic jangan dihentikan ditengah jalan karena bisa saja bakteri tersebut masih tersisa dan malah akan membuat bakteri tersebut kebal terhadap antibiotic.

Pemberian madu juga bisa dilakukan agar tenaga dari penderita penyakit ini tidak berkurang, dengan adanya asupan insulin dan kalori maka paien akan memiliki tenaga yang cukup. Selain perawatan dirumah yang sudah dijelaskan diatas kita juga bisa memakan makanan yang bisa mengurangi rasa sakit dan juga pusing saat kita terserang gejala tipes.

Beberapa jenis bahan makanan yang cocok digunakan untuk pengobatan tifus adalah:

Bawang Putih

Kita bisa memakan bawang putih perhari sebanyak 2 siung dan rutin selama beberapa minggu, kandungan yang ada dalam bawang putih berupa antimikroba yang bisa menetralkan racun yang ada didalam tubuh. Memakan bawang putih harus dalam keadaan perut kosong agar tidak ada bahan makanan lain yang ikut tercampur. Catatan pentingnya memakan bawang putih didak dianjurkan untuk ibu hamil dan juga bayi.

Daun Basil

Daun basil, salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit tifus karena sifatnya antibakteri sehingga bisa menghambat pertumbuhan bakteri salmonella didalam tubuh, kegunaan dari daun ini adalah bisa menghangatkan perut, menurunkan demam, dan meningkatkan kekebalan tubuh dari sereangan penyakit. Untuk membuat ramuan dari daun basil ini adalah sebagai berikut

  • a. Persiapakan 20 helai daun basil, 1 ruas jahe dan giling menjadi satu, dan satu gelas air
  • b. Rebus semua bahan sampai airnya menyusut setengah, kemudian tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis
  • c. Minum ramuan ini dua sampai tiga kali sehari sampai badan atau tubuh sudah fit.

Cengkeh

Ternyata cengkeh memiliki kandungan yang bisa membantu mengurangi diare dan juga muntah, ini dikarenakan cengkeh memiliki sifat antibakteri didalamnya. Untuk cara menggunakannya, masukan 5 sampai 7 cengkeh kedalam air yang mendidih tunggu sampai air menyusut setengah lalu diamkan sampai dingin, minum secara rutin pada siang hari selama satu minggu.

Buah Pisang

Buah pisang menganduk pektin yang berguna untuk menyerah cairan didalam usus sehingga bisa mengurangi diare, selain itu juga adanya kalium yang terdapat pada pisang juga bisa membantu untuk menggantikan elektrolit yang hilang akibat demam. Untuk mengunakanya cukup memakan 2-3 pisang yang sudah matang setiap harinya.

Oralit

Cairan campuran antara air, garam, dan gula yang biasa disebut oralit ini digunakan untuk ,mencegah dehidrasi yang terjadi pada masa pemulihan

Cuka Apel

atau cuka sari apel Cuka sari apel ini berguna untuk mengembalikan energy pasien yang hilang dan larutan asamnya bisa membuang panas tubuh sehingga dapat mengurangidemam secara perlahan. Cara penggunaannya gunakan setengah sendok the sari apel dan tambah sedikit madu larutkan didalam segelas air, minum ramuan ini sebelum makan selama 7 hari.

Untuk menurunkan demam sari cuka apel juga bisa digunakan dengn cara mencampurkan sari cuka apel dengan air hangat, rendam kain didalam larutan yang akan digunakan untuk mengeompres dahi agar panas bisa berkurang.

Baca Juga: Cara Mengobati Penyakit TBC

Itulah beberapa cara untuk mengatasi penyakit tifus apabila kita sudah melakukan hal diatas dan tetap demam dan diare segera bawa ke rumah sakit untuk penangan lebih lanjut.

Leave a Comment