9 Cara Merawat Gigi Anak

Anak mempunyai gigi yang memungkinkan akan bertumbuh seperti orang dewasa. Namun dalam fase awalnya, pertumbuhan gigi anak ini sama seperti pertumbuhan anggota tubuh lainnya. Perlu waktu yang cukup agar dapat mendapat hasil yang bagus. Termasuk pula dengan perkembangannya baik dalam berbicara mau pun berjalan. Semua memerlukan proses.

Omong-omong bicara soal gigi anak, perawatannya hampir sama dengan cara merawat gigi orang dewasa. Namun, gigi pada anak karena merupakan gigi susu dan cenderung baru tumbuh, maka belum sekuat gigi para orang dewasa. Nah! Lalu, bagaimana cara merawat gigi anak sejak dini? Simak artikel singkat berikut ini!

1. Kurangin Makanan Manis

Kurangi konsumsi makanan yang terlalu manis Meski pada dasarnya makanan manis merupakan makanan yang terasa lezat dan jika di makan akan terasa menyenangkan, tidak heran juga jika terlalu banyak mengkonsumsinya maka akan berakibat kurabg baik bagi kesehatan gigi.

Pada anak kecil yang baru tumbuh gigi, makanan manis sejenis permen dan cokelat sangat rentan bagi kesehatan sekaligus pertumbuhan giginya. Biasanya akan meninggalkan corak hitam pada gigi anak karena pada umumnya cara anak menggosok gigi pun belum sepenuhnya benar.

2. Sikat Gigi Rutin

Ajarkan pada anak sikat gigi secara rutin Menyikat gigi yang baik adalah dalam hitungan dua kali sehari. Namun pada anak, sebelum tidur pun biasakan pula untuk menggosok gigi. Supaya apa? Supaya sisa-sisa makanan pada gigi anak tidak berkembang menjadi bakteri yang menggerogoti gigi.Kan kasihan jika masih kecil sudah merasakan sakit gigi.

3. Hindari Makanan Panas

Hindari makanan terlalu panas Pada orang dewasa pun makanan panas tidak baik bagi kesehatan karena makanan panas dapat membuat gigi berubah warna menjadi kuning.

Namun lain lagi ceritanya jika yang menyantap makanan adalah anak kecil. Bisa dikatakan lebih dari sekadar berwarna kuning efeknya karena gigi pada anak ini masih terbilang belum kuat.

4. Hindari Makanan & Minuman Dingin

Hindari makan dan minuman yang terlalu dingin Tahukah kamu jika makanan dan minuman dingin dapat mengakibatkan gigi sensitif? Gigi sensitif yang dimaksud adalah perakibatan rasa linu jika kamu memakan makanan atau minuman yang terlalu dingin.

Gigi sensitif ini sebenarnya dapat diatasi dengan menggunakan pasta gigi khusus. Yups! Terdapat pasta gigi khusus yang dapat meminimalisir rasa linu yang diakibatkan oleh gigi sensitif. Sebenarnya kamu boleh mengkonsumsi makanan dan minuman dingin. Hanya saja tidak perlu berlebihan dan keseringan. Meski belum berdampak apa-apa pada gigimu, hal ini dapat terjadi dalam jangka waktu yang panjang dan tidak dapat ditentukan kapan waktunya.

5. Hindari Makanan Keras

Hindari konsumsi makanan yang terlalu keras Karena masa pertumbuhan anak perkembangan giginya teemasuk masih baru, maka tidak dianjurkan untuk konsumsi makanan yang terlalu keras. .Hal ini dapat mengakibatkan gigi ompong sejak dini.

Yah meski gigi anak dapat tumbuh lagi, jika sudah memakan makanan keras sejak usia masih kecil maka akan berpengaruh bagi pertumbuhan giginha. Baik pertumbuhan giginya yang tidak rapi mau pinn agak maju ke depan.

6. Berkumur Sebelum Tidur

Berkumur-kumur sebelum tidur Cara merawat gigi berikutnya adalah berkumur-kumur sebelum tidur. Berkumur ini pada umumnya dilakulan semua manusia meski beberapa ada yang tidak melakukannya. Namun, berkumur sebelum

tidur ini biasa dilakukan bersama dengan berkumur saat sikat gigi. Perlu kamu ketahui pergerakan air di dalam mulut yang cukup cepat dapat membantu melepaskan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi.

7. Mengkonsumsi permen mint

Perment mint ini tidak begitu dianjurlan. Namun, pada dasarnya dalam hal perawatan gigi dapat membuat mulutmu terasa lebih segar terlebih usai kamu memakan makanan yang memiliki bau tidak sedap semacam petai atau jengkol. Dengan demikian, bau tidak sedap yang keluar tersebut dapat tersamarkan dan tergantikan oleh bau segar dari permen mint.

8. Kurangi makanan asam

Makanan asam terkadang bisa membuat gigi menjadi sensitif juga lho! Untuk anak kecil, biasanya ia diberi makan dengan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Bahkan bagian dari makanan sehat ini sudah termasuk buah dan susu.

Biasanya, bayi yanh baru tumbuj gigi juga dikasih makan berupa posang yang dikerok menggunakan sendok baru dikasihkan ke anak tersebut. Hal ini demikian karena kandungan bahan pisang yang lembut sangat cocok untuk makan bayi.

9. Berikan makanan yang lembut

Makanan lembut ini bisa berupa bubur, biskuit yang dicampur dengan sedikit air dan menjadi seperti bubur atau dapat pula roti bayi. Hal ini untuk merawat gigi si kecil yang baru mau tumbuh.

Nah! Sudah tahu bukan langkah-langkah untuk merawat gigi si anak? Pada dasarnya sangat mudah ya, guys! Sebelum terjadi hal-hal yang tidak dimungkinkan, kamu perlu menjaganya. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Comment